PLANTAE
A. Ciri-ciri Tumbuhan :
1.
Autotrof, dapat mensintesis
makanan sendiri melalui fotosintesis
2.
Memiliki klorofil
di dalam kloroplas yang berperan
dalam proses fotosintesis
3.
Mempunyai dinding sel
yang tersusun atas selulosa
4.
Multiseluler
5.
Mempunyai dua generasi dalam siklus hidupnya (diploid dan
haploid) yang saling bergantian. Siklus yang mengalami pergantian antara
generasi diploid dan haploid disebut pergiliran keturunan.
Klasifikasi tumbuhan:
1.
Bryophyta (Lumut)
2.
Pteridophyta (Tumbuhan Paku)
3.
Tumbuhan berbiji
B. BRYOPHYTA (Lumut)
Lumut termasuk tumbuhan tidak berpembuluh (nonvascular plants). Lumut tidak
memiliki akar, batang, dan daun sejati (disebut tumbuhan talus). Berikut ini
keterangan tentang organ-organ yang terdapat pada tumbuhan lumut.
Rizoid
|
Batang
|
Daun
|
Rizoid adalah struktur
mirip akar yang membantu untuk menempel dan membawa air serta nutrisi ke
dalam tubuh. Rizoid terdiri atas
satu deretan sel memanjang dengan sekat-sekat yang tidak sempurna. Proses
pengangkutan air dan nutrisi berlangsung dengan cara difusi air sebab rizoid
tidak memiliki struktur pembuluh untuk mendistribusikan air dan nutrisi.
|
Lumut memiliki struktur
menyerupai batang, di bagian luarnya terdapat selapis sel kulit yang kecil.
Di bagian dalamnya tersusun atas beberapa sel dan bagian tengahnya berupa
silinder pusat yang terdiri atas sel-sel parenkim berfungsi untuk
pengangkutan air dan nutrisi.
|
Daun lumut hanya terdiri
atas selapis sel. Daun lumut tidak bertulang dan belum terjadi diferensiasi
seperti daun sejati. Pada daun terdapat kloroplas. Di dalam kloroplas
terdapat klorofil untuk berfotosintesis. Oleh karena itu lumut bersifat
autotrof.
|
Klasifikasi lumut dibagi
menjadi tiga kelas yaitu kelas Musci (Lumut Daun), Kelas Hepaticae (Lumut
Hati), dan Kelas Anthocerotopsida (Lumut Tanduk).
1.
Kelas Musci (lumut daun)
Ciri-ciri:
a) Tumbuh
di tempat yang lembab
b) Mempunyai
struktur akar yang disebut rhizoid, dan struktur seperti daun
c)
Sporofit berumur pendek, lebih kecil dan tergantung
pada gametofit
Contoh:
Polytricum juperinum, Furaria, Poggonatum
cirratum, lumut gambut sphagnum.Sphagnum sp.
2. Kelas Hepaticopsida (Lumut Hati)
Ciri-ciri:
a)
Tumbuh di bebatuan yang lembab atau pinggiran sungai
b)
Reproduksi aseksual dengan gemma (berbentuk mangkok) dan
tunas yang akan tumbuh membesar jika talus yang tua mati
c)
Reproduksi seksual dengan pertemuan sperma (dihasilkan
anteredium) dan ovum (dihasilkan oleh arkegonium)
Contoh:
Marchantia polymorphaKenampakan anteredium dan arkegonium pada Marchantia sp.
1. Kelas Anthoceropsida
(lumut Tanduk)
Ciri-ciri:
a)
Tumbuh di tanah lembab, kadang bercampur dengan
rerumputan
b)
Mempunyai satu kloroplas dalam setiap selnya
Contoh: Anthocerops
sp.
Kenampakan seperti tanduk pada Anthoseros sp.
Peran tumbuhan lumut
bagi kelangsungan hidup manusia:
a)
Sebagai vegetasi perintis dalam ekosistem yang
masih alami
b)
Lumut dapat menyerap air yang berlebih,
sehingga dapat mencegah terjadinya banjir.
c)
Lumut jenis Marchantia polymorpha dapat
digunakan sebagai obat radang hati.
d)
Lumut Sphagnum dapat dijadikan sebagai
bahan pengganti kapas untuk industri tekstil.
SILAKAN MENGERJAKAN LKS BERIKUT INI SECARA INDIVIDU DAN AKAN DIBAHAS DI KELAS!
LKS 1
Peran lumut bagi kehidupan
Tujuan:
1.
Siswa
menemukan literatur yang relevan dengan bahan bacaan
2.
Siswa
dapat mengidentifikasi asumsi
3.
Siswa dapat membuat kesimpulan dari
analisisnya terhadap asumsi
4.
Siswa dapat
menjawab pertanyaan tentang morfologi lumut dengan baik dan benar
5.
Siswa
dapat menjelaskan peran lumut bagi kehidupan berdasarkan analisis struktur
morfologi lumut
6.
Siswa
dapat beriteraksi dalam diskusi
Thn 1985 sesaat setelah G.Snt.Helen meletus
Thn 1989 nampak adanya lumut yang tumbuh
Thn 1992 mulai nampak adanya rumput
Thn 1994 nampak adanya semak dan ilalang
Berdasarkan gambar tersebut tumbuhan yang
pertama tumbuh setelah terjadi letusan gunung adalah lumut. Kemudian disusul
oleh tumbuhan lain, yaitu rumput pada tahun 1992, dan barulah muncul ilalang
pada tahun 1994.
Prosedur:
1.
Bacalah
cerita di atas!
2.
Carilah
literatur lain yang relevan dengan artikel di atas!
3.
Berdasarkan
cerita di atas simpulkan peran lumut! Dan jelaskan mengapa lumut dapat memiliki
peran tersebut!
4.
Analisislah
berdasarkan struktur morfologi lumut!
SILAKAN DIKERJAKAN DI RUMAH, AKAN DIBAHAS DI KELAS
DAN SETIAP KELOMPOK WAJIB MEMBAWA LUMUT DARI RUMAH
DAN SETIAP KELOMPOK WAJIB MEMBAWA LUMUT DARI RUMAH
Daftar
nama anggota kelompok
Kelompok 1
1.
Agung Nur C.
2.
Dwi Yusuf P.
3.
Maese Yuvinta
4.
Sri Wulandari
Kelompok 2
1.
Ananda Kartika D.
2.
Diah Ayu Ekawati
3.
Eltin Kistanti
4.
I Gusti Ayu R. D. P
Kelompok 3
1.
Aurellia
Chintya D.
2.
Dewi Sekar
Arum
3.
Dian Ernawati
4.
Ghiska Mei V.
Kelompok
4
1.
Achmad Alfan
Z.
2.
Ananda Sugeng
E. S
3.
Arik Yuli P.
4.
M. Muklis W.
Kelompok
5
1.
Briliantina
Nazihatif F. D.
2.
Hapsari D.
Martalita
3.
Marlina Aisyah
R. P.
4.
Resita Dewi
Kumalasari
Kelompok
6
1.
Audia Septi Br. H
2.
Chavid Widi P.
3.
Lintang Ekka Billah. H
4.
Wirasandy Damay Y.
Kelompok 7
1.
Agnes Laurenza M.
2.
Trisita Indah P
3.
Septiyan Dwi Prasetyo
4.
Yuli Ainul Rosita
Kelompok
8
1.
Elsha Claudya P.
2.
Wanda Christian P. V.
3.
Widyanata Atma S.
4.
Rani Kumalasari
Plaza Hotel and Casino in Las Vegas | Shoot'Em Up 바카라사이트 바카라사이트 바카라사이트 바카라사이트 661Shootercasino: How to win at a casino game
BalasHapus